Teori dasar Kedokteran Tradisional Cina (TCM) memandang bahwa Qi adalah dasar teori Yin Yang dan Wu-Xing. Qi adalah Enerqi yang ada di alam semesta termasuk dalam tubuh manusia. Qi tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan fenomenanya dalam tubuh manusia.Qi (energi) inilah yang membedakan seorang yang satu dengan orang lainnya, meskipun secara fisik(anatomi) sama-sama bertubuh kekar.
Dalam teori Yin Yang dinyatakan bahwa segala fenomena di alam semesta mempunyai dua aspek yang berlawanan dan berpasangan yaitu Yin dan Yang. Yin berarti gelap yang berarti terang.Yin Yang meliputi fenomena dingin-panas, gelap-terang, lemah-kuat, dalam-luar, pasif-aktif, lembab-kering, bawah-atas, wanita-pria, dan lain-lain.
Teori Yin Yang digunakan untuk menganalisa fenomena yang dapat diamati dialam semesta.Semua aspek ini mempunyai dua pandangan yang berlawanan dan berpasangan yaitu Yin Yang.Yin Yang saling membatasi, saling tergantung, saling mengkonsumsi, dan selalu dalam keadaan perubahan dinamis untuk menjamin keseimbangannya. TCM menerapkan prinsip Yin Yang ini untuk menerapkan fungsi fisiologis dan perubahan patologis, juga sebagai tuntutan dalam diagnosis dan terapi.
Teori Wu-Xing memandang lima unsur kayu, api, tanah, logam, dan air sebagai bahan dasar pembentuk alam semesta dan bahan penting untuk kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan teori Yin Yang, kelima unsur ini dalam keadaan perubahan dinamis dan saling tergantung. TeoriWu-Xing yang sederhana ini kemudian berkembang menjadi teori yang rumit. Teori Wu-xing digabung dengan teori Yin Yang dan digunakan untuk memahami sindrom penyakit, juga untuk menegakkan cara terapi.
Penerapan teori Wu-Xing digunakan untuk memahami dan menggolongkan organ Zang. Seperti Hati digolongkan dalam unsur kayu, Jantung digolongkan dalam unsur api, limpa digolongkan dalam unsur tanah, paru-paru digolongkan dalam unsur logam dan ginjal digolongkan dalam unsur air. Sedangkan Penerapan gabungan teori Yin Yang dalam TCM digunakan untuk memahami proses fisiologis, perubahan patologis, serta dipakai sebagai tuntutan diagnosa dan terapi.
Nurwafi-Resensi Teori Dasar Kedokteran Tradisional cina-Dr Med Udayana Gendo-Kanisius 2006