Jantung Organ Paling Sibuk


Jantung merupakan orang yang paling sibuk dan tidak pernah berhenti bekerja, sekalipun kita tertidur. Jantung berdenyut dengankecepatan yang berbeda-beda, tergantung pada aktivitas. Ketika sedang aktif otot-otot membutuhkan energi dan oksigen yang lebih banyak, maka jantung berdenyut lebih cepat kurang lebuh 120 kali permenit. Ketika sedang istirahat jantung mulai melambat dan berdenyut 60 - 80 kali permenit. Rata-rata sepanjang hidupnya jantung manusia tiga milyar kali tanpa henti. Mesin manakah yang lebih canggih dari jantung manusia.

Ibnu Qoyyim menyebutkan diantara keajaiban ciptaanNya bahwasanya Dia telah menciptakan bagian tubuh yang tidak tampak semacam jantung, tempatnya di dalam di tengah - tengah, dan merupakan anggota tubuh paling mulia. berat jantung ± 312 gram mampu berdenyut sekitar 60 - 80 kali/menit dan berdenyut selama setahun ± 40 juta kali denyutan. Apabila digunakan sebagai alat penggerak, jantung mampu mengangkat beban yang berukuran 2 kati (1 kati = 448,28 gr), setinggi kaki dengan kerja kerasnya dalam 1 denyutan.

Sementara Harun Yahya mengungkapkan berliter - liter darah berdetak tanpa henti naik turun di sekujur tubuh, dan itu semua dimobilisasi oleh jantung. Setiap benda membutuhkan penggerak agar bisa terus bergerak, darah bergerak atau beredar di sepanjang tubuh memerlukan sebuah motor. Motor yang memutar darah kita siang malam selama berbulan - bulan bahkan bertahun - tahun adalah jantung kita.

Tak seperti mesin, jantung justru melakukan perawatan sendiri, jantung melumasi dirinya sendiri dengan oli berupa cairan perikardium yang berjumlah hanya 0 - 30 ml. Cairan perikardium berguna untuk mengurangi gesekan pada gerak jantung. bentuk perlindungan sendiri dalam jantung, menujukkan betapa lengkap dan sempurna seni Allah dalam penciptaan.