Herbal Untuk Penyakit Jantung


Penyakit jantung adalah penyakit yang masih menjadi pemicu kematian yang sangat tinggi di dusia. Adapun penyebab penyakit jantung antara lain karena tingginya endapan kolesterol, racun atau radikal bebas yang masuk kedalam tubuh lewat makanan dan lain sebagainya, efek dari kencing manis, plak pada pembuluh darah, sehingga mudah rapuh dan pecahnya pembuluh darah yang juga dapat menjadi pemicu stroke, faktor usia.

Saat ini telah bayak obat herbal yang diketahui sangat efektif untuk mengkal penyakit jantunga dan menangani penyakit jantung. Diantaranya adalah:
1. Habbatussauda (Nigela Sativa)
"Hendaklah kalian mengkonsumsi habatussauda' , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali kematian." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)
Peningkatan homosisitin dalam darah meningkatkan resiko terjadinya penyakit pembuluh darah jantung. Zat thymoquinone dalam ekstrak habbatussauda dapat mencegah peningkatan homosisitin dalam darah yang biasanya peningkatan tersebut diiringi oleh komponen trigliserida dan oksidasi sel. Maka habatussauda sangat cocok diberika pada lansia.

2. Madu
" Hendaknya kalian menggunakan dua penawar yaitu madu dan Al-Qur'an." (H.R Ibnu Majah). Beberapa ahli menyarankan orang yang berusia 40 tahun untuk mengkonsumsi madu secara rutin setiap hari 1-2 sendok madu yang dilarutkan dengan segelas susu murni hangat untuk memperlambat terjadinya penuaan. Untuk penderita jantung dapat meminum 2 sendok madu kedalam air dingin dan diminum setiap pagi satu jam sebelum sarapan. Sedang bagi penderita lemah jantung dapat mencampurkan 8 sendok makan madu dangan 3 sendok teh bubuk habatussauda, lalu diaduk rata dan diminum setiap pagi, satu jam sebelum makan.

3. Minyak Zaitun
".........yang dinyatakan dengan minyak yang diberkahi. Yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur dan tidak pula disebelah barat. Minyaknya saja hampir-hampir menerangi walau tidak disentuh api. (An-Nur:24). Penggunaan Minyak zaitun dapat diminum dua sendok minyaknya satu kali dipagi hari dan satu kali disore hari sebelum tidur sangat berkhasiat untuk kesehatan jantung dan organ lainnya. boleh juga ditambah jeruk nipis kedalamnya.
4. Herbal-herbal lain diantaranya: Kayu Araak, Bawang Merah, Kayu Manis, Wortel, Kopi, dll.