Gurah Hidung

Gurah Hidung merupakan pengobatan tradisional yang di ajarkan secara turun temurun. Bermanfaatkan untuk membersihkan lendir-lendiran dalam saluran pernapasan. Dulu pengobatan ini hanya dikenal dalam dalam tarik suara, seperti: qori', penyanyi, pesinden, dll. Karena memang salah satu manfaat gurah hidung ini adalah menjernihkan suara, dan suara menjadi lebih lantang. Maka dulu dikenal sebagai Gurah Suara.

Namun, belakangan gurah juga ditujukan untuk mengobati asma, mengurangi dengkuran tidur, dan menghilangkan dahak ditenggorokan. Di Yogyakarta para tabib gurah menggunakan tumbuhan rirgunggu yang ada disekitar Giriloyo, dekat makam raja-raja Mataram. Tumbuhan obat ini juga bisa tumbuh dimana saja, bahkan diseluruh Indonesia, sehingga dikenal dengan nama antara lain kertase, pinggir tosek (Madura), simar baungkudu (Toba), tinjau handak (Lampung), Segunggu (Sunda) dan sagunggu, sirgunggu (jawa).

Berminat hub. 087733211889
atau
silahkan datang ke tempat kami, Graha Nabi Alamat: Jl.Pringgading No.9 Ndukuhan Kaliwangan Blora Jateng. Telp. 0296 531534.